Lima Hak Al-Quran Terhadap Kita

 

kufi-bismillah
Hak Al-Quran terhadap diri kita ada 5, antara lain:
dzikir-681x498
1. Haqqu-t Tilawah,
Membaca Al-Quran dengan sebenar-benar bacaan adalah haq Al-Quran. Ia dibaca bukan seperti membaca koran, majalah dan yang lainnya. Al-Quran punya hak untuk ditadabburi, benar pengucapan makhrohnya, tahu tempat wuquf ketika membacanya. Dan Al-Quran merupakan petunjuk manusia taqwa. Nah, diantara yang memungkinkan dapat menjadi pegangan semua itu antara lain:

– Mempelajari bahasa arab karna Al-Quran adalah bahasa Arab
– Mempelajari ilmu Tajwidnya karna Al-Quran bukan bacaan biasa
– Selalu membacanya, karna Al-Quran adalah petunjuk maka petunjuk tidak akan diketahui kecuali dengan membacanya.

2. Haqqu-t Tadabbur
Haq Al-Quran yang kedua adalah tadabbur yaitu; memahami serta memikirkan setiap ayat dan kalimat yang menjadi keinginannya dan bagaimana pula yang harus kita lakukan setelah kita tahu maksud dan tujuannya. Nah, untuk itu kita perlu kepada kitab-kitab tafsir. Karna kitab Tafsir menjelaskan tentang kandungan dari pemahaman ayat-ayat Al-Qur-an tersebut.

3. Haqqu-l ‘Amal
Setelah kita memahami maksud dari bacaan Al-Quran yang kita baca, maka ada haqnya setelah itu yaitu meng-amal-kannya. Rasulullah yang kita kenal dengan suri tauladan yang paling baik dalam beramal, berakhlak karna beliau manusia mulia yang meng-‘amal-kan isi dari Al-Qur-an tersebut. Sampai ada sahabat yang bertanya kepada ummul mukminin ‘Aisyah radiallahu ‘anha, bagaimanakah akhlak rasulullah ya ‘aisyah? “akhlak beliau adalah al-Quran” jawab sayyidah ‘Aisyah.

4. Haqqu-l Hifzi
Haqqul hifzi ialah bahwa al-quran itu punya haq untuk dihafal oleh setiap muslim. Akan tetapi tidaklah hal-nya itu berbentuk ilzami (kemestian) akan tetapi menghafalnya sesuai kesanggupan.

5. Haqqu-t Tabligh
Haq Al-Quran yang kelima ini bahwa Al-Quran itu punya haq untuk kita sampaikan dan ajarkan kepada orang lain ketika kita sudah mengetahui pelajaran yang terdapat didalamnya. Sebagaimana sabda rasulullahi shallallahu alaihi wasallam, yang sangat masyhur kita dengar, yang berbunyi:

خيركم من تعلم القرءان وعلمه

“Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran lalu mengajarkannya”.

والله أعلى وأعلم بالصواب
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s