Al-Quran Sebagai Pedoman

islamic-wallpaper-al-quran-karim-1024x768

Sebaik-baik Manusia

Al-Quran adalah kalamullahi Subahanahu Wata’ala. Kalam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, melalui Malaikat-Nya yang bernama Jibril ‘alaihis salam secara berangsur-angsur. Ia adalah “huda” atau petunjuk dan penjelasan bagaimana cara kehidupan seorang insan yang sesuai dengan tuntunan Robbul ‘Alamin.
Tak ada bacaan yang paling istemewa didunia ini jika kita membacanya mendapatkan pahala bahkan berlipat ganda kecuali Al-Quran. Subhanallah! Maha suci Allah.

Satu huruf saja yang kita baca dari Al-Quran, maka Allah akan memberikan ganjaran 10 kebaikan. Sebagaimana yang dikabarkan melalui ucapan dari bibir qudwatuna pemimpin agung kita nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam,

من قرأ حرفا من كتاب الله فله حسنة والحسنة بعشر أمثالها , لا أقول الم حرف ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Al-Quran) maka ia mendapatkan 1 kebaikan dan kebaikan itu akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali pahalanya. (Rasulullah menegaskan lagi) Tidaklah aku katakan “Alif Lam Mim” itu satu huruf, akan tetapi (sebagai ta’kid) alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim juga satu huruf.  ( HR. Tarmizi dalam kitab Al-Adabu Al-Shari’ah Wal-Manhu Al-Mar’iyah, Hal: 328 ).”

Hidup manusia hakikatnya adalah ‘ibadah. Dan sebaik-baik diantara ibadah manusia adalah yang mempelajari Al-Quran lalu mengajarkannya (ketika sudah mampu).

Wallahu A’lam!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s