Profil Majelis Talim Griya Al Qur’an

khat-kufii-emsholy-blogspot-com-as

  • PROFIL SINGKAT MAJELIS TALIM GRIYA AL QUR’AN

Majelis Ta’lim Griya Al Qur’an adalah majelis ilmu yang mengkaji tafsir alqur’an dan mengaji ayat-ayat alqur’an dengan metode tajwid yang benar, yang didirikan oleh beberapa tokoh warga yang berada dilingkungan Perumahan Griya Serpong Asri RW 08 ,Suradita Cisauk, Tangerang yaitu, Ketua RT.08 Bapak Fikrul Huda, ketua DKM Al-Falah Ustadz.H.Tohirin,Lc,M.Ag dan sesepuh Bapak Ahmad Subarna serta perwakilan dari RT.09 dan RT.08.yang ikut serta dalam musyawarah tersebut pada tanggal 31 Oktober 2015 bertempat di balai warga RT.08 RW.08, pada saat itu bertepatan dengan Rapat Warga RT.08. Disaat itu tujuan utama dibuat majelis ini untuk menghidupkan kembali pengajian Bapak-bapak antar RT 08 & RT 09 di lingkungan GSA RW.08 yang telah lama terhenti. Atas inisiatif dari kami yang ingin menghidupkan kembali suasana yang agamis dilingkungan Perumahan Kami yang berlandaskan Al Qur’an serta memperbaiki bacaan Al Qur’an maka dibentuklah kembali agenda pengajian yang saat itu belum bernama Majelis Ta’lim, hanya pengajian antar RT.08 dan RT.09.

Didirikannya Majelis Ta’lim Griya Al Qur’an adalah sebagai sarana silaturahim & belajar Al Qur’an, dengan metode pengajian tajwid & Tafsir kelilingan yang tempatnya berpindah-pindah dari satu rumah berpindah kerumah  yang lain, diadakan dua kali dalam satu bulan dan waktunya adalah hari jumat malam setelah isya’ sesuai agenda yag disepakati. Majelis ini menggunakan metode membaca Al Qur’an dengan Tajwid yang benar & Tafsir yang dipimpin oleh Pengajar Majelis Talim Ustadz.H.Tohirin,Lc,M.Ag  memakai kitab suci Al Qur’an dan direkam guna mengetahui kesalahan masing-masing jamah dalam bacaannya agar mudah diperbaiki.

Struktur organisasi kepengurusan Majelis Ta’lim Griya Al’Quran pada waktu diawal pembentukan belum memiki struktur yang lengkap. Namun karena tekad yang kuat dari masing-masing jamaah agar pengajian ini dapat berlangsung baik kedepannya maka pada bulan Mei 2016 dibentuklah pengurus yang kala itu, ketua majelis Bapak Ahmad Subarna, dan Humas Majelis mas Mujiono yang alhamdulillah pada saat iu berhasil melaksanakan Agenda pengajian perdananya hingga akhir sesuai jadwalnya dan berlanjut Agenda tadarus setiap harinya  di bulan suci ramadahan 1437 H setelah Taraweh dengan metode keliling dari rumah kerumah yang akhirnya para jamaah berhasil Khatam Al Qur’an  dilaksanakan dirumah ketua majelis Bapak Ahmad Subarna.

Syukur Alhamdulillah atas izin Allah, doa & dukungan materi berupa infaq ataupun fikiran serta masukan dari para jamaah yang mendukung majelis berjalan hingga saat ini.

Pada Bulan September 2016 maka dibentuklah susunan pengurus tetap periode september 2016 – september 2017 sebagai wujud keseriusan kami dalam membangun majelis ini hingga ke generasi berikutnya.

Adapun susunan pengurus tetap Majelis Talim Griya Al Qur’an  periode september 2016 – september 2017 sebagai berikut ( Terlampir ) :

  • STRUKTUR PENGURUS PERIODE OKTOBER 2016 – OKTOBER 2017

 

MAJELIS TA’LIM GRIYA AL QUR’AN – GRIYA SERPONG ASRI

Screenshot_1

 

  • Visi dan Misi

 

Visi Organisasi :

Menjadi organisasi (asosiasi ) yang mampu memberdayakan dan menggerakkan kaum muslim dilingkungan Griya Serpong Asri RW 08 dalam mencapai derajat, harkat martabat kemanusian yang bertaqwa, beriman sesuai perintah Allah dalam Al’quran, menjadikan Al Qur’an sebagai panduan hidup yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Misi Organisasi:

  1. Menggalang segala potensi  Umat Islam untuk meningkatkan derajat, harkat martabat umat menjadi Insan Kamil (manusia yang sempurna)

  2. Berkreasi dalam bidang kerohanian, pendidikan serta pemberdayaan untuk sebanyak-banyaknya dapat bermanfaat bagi peningkatan derajat Umat Islam sehingga terbebas dari belenggu kemiskinan dan kebodohan

  3. Mewujudkan Persatuan Ummat Islam dalam Majelis Ilmu dengan menjadikan Al Qur’an sebagai sumber kebaikan, penyembuh, petunjuk serta memotivasi ummat untuk gemar membaca dan mempelajari Al Qur’an

  4. Sarana beramal shalih untuk meningkatkan ilmu dan amal sekaligus menempah diri dan ummat Islam mencapai derajat Muttaqien

  5. Menjalin siturahim antar warga dan menguatkan persatuan ummat muslim dilingkungan Griya Serpong Asri RW 08

 

Dasar Organisasi :

Al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad  serta menaati ulil Amri Program Umum (Jangka Panjang) Organisasi  :

  1. Terdaftar di kementrian Agama
  2. Menggerakkan potensi Ummat dalam kegiatan-kegiatan Majelis Ilmu di tingkat yang lebih tinggi dan meluas.
  3. Mengkaji kandungan Al Qur’an sekaligus menyebarkannya kepada Ummat Islam pada umumnya untuk mendukung tercapainya Visi dan Misi Organisasi
  4. Menjadikan organisasi sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara para Ahli dan lembaga-lembaga Pendidikan, Tahfidz maupun Ilmu Al Quran untuk ber-sinergi dalam mengajarkan Ilmu Al Qur’an (Tahsin, Tajwid, Tahfidz dan Tafsir, dan lain-lain) di Masyarakat.
  5. Menggerakkan Ummat Islam yang mampu untuk membantu yang kurang mampu dalam pendidikan Al Quran, maupun pendidikan Islam pada umumnya.

Program Jangka Pendek/Khusus :

  1. Memantapkan kuantitas dan kualitas Jadwal Pelaksanaan Majelis Talim Al Qur’an
  2. Mengadakan Majelis Ilmu bersinergi dari sumber Al Qur’an
  3. Menyediakan Kitab Suci Al Qur’an Kitab-Kitab / Buku-Buku, melalui gerakan Wakaf Kitab Suci Alqur’an
  4. Penyiapan Modul-Modul Pendidikan Al Qur’an
  5. Membina dan mengembangkan potensi para Khafidz/Khafidzah
  6. Penggalangan Dana/Infaq dan Shadaqah

 

 

Ide Pendirian Organisasi

Ide pendirian atau inisiasi diadakan pengajian yang saat ini bernama Majelis Talim Griya Al’Quran ini dimusyawarahkan pada tanggal 31 Oktober 2015, yang tujuan utamanya menjalin hubungan yang Islami lintas Rukun Warga dan silaturahim antar warga.

Struktur Organisasi Majelis

Dalam membuat Struktur Organisasi untuk majelis ini, kami mempertimbangkan bahwa majelis ini harus dibuatsimple/sederhana tapi efektif dalam melaksanakan kegiatannya untuk mencapai tujuan/visi dan misi Organisasi. Maka disusunlah organisasi dengan Struktur sebagai berikut :

 

  1. Majelis ini dalam menjalankan Program ataupun Agendanya setelah mendapat izin dari penasihat, yang berfungsi untuk : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….dan dibawah bimbingan pengajar yang disepakati oleh seluruh pengurus.Dipimpin oleh Seorang ketua (Ketua Majelis) yang berfungsi untuk : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. yang didampingi oleh seorang wakil ketua, yang berfungsi untuk : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..yang membawahi : seorang Sekretaris, yang berfungsi untuk : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….., seorang Bendahara, yang berfungsi untuk : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………, Divisi Umum dan Divisi Humas.
  2. Dua Divisi dalam Majelis Talim Griya Al Qur’an adalah :

1) Divisi Humas, Berfungsi untuk : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

2) Divisi Umum, Berfungsi untuk :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Dalam melaksanakan agenda Majelis, pengurus MT Griya Al Qur’an di bantu oleh Majelis Penasihat yang terdiri atas Pribadi-pribadi  Aalim yang Ahli dalam Ilmu Al Qur’an, Tokoh Masyarakat, serta Kyai- Kyai Ahlusunnah.

Sumber Dana

Sumber dana untuk kegiatan serta operasional Asosiasi Khatmul Qur’an berasal dari: Zakat, Infaq atau Shadaqah serta dari Usaha Asosiasi dalam bidang Konsultansi dan lain-lain serta dari donatur Perorangan/Instansi/Perusahaan yang tidak bersifat mengikat.

Khatimah

Demikian,sekilas gambaran Majelis Talim Griya Al Quran dan kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi, maupun ide-ide konstruktif yang umat Islam berikan kepada majelis ini. Dengan mengharap Ridho dan Pertolongan dari Allah  semoga majelis ini dapat berkembang dengan baik dan bermanfaat untuk ummat Islam dan menjadi Rahmatan lil alamin. Amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s