Jutaan Jemaah Haji dari Seluruh Dunia Wukuf di Arafah

Jemaah haji dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, melaksanakan wukuf di Arafah pada Minggu, 11 September 2016. Wukuf sebagai puncak seluruh rangkaian ibadah haji dimulai setelah tergelincir Matahari hingga terbenam Matahari.

Jika mengacu waktu di Tanah Air, terutama di wilayah waktu Indonesia barat, wukuf berlangsung sekira-kira sore hingga sebelum tengah malam. Sebab, waktu di Indonesia lebih cepat empat jam daripada di Arab Saudi.

Agenda hari ini, di antaranya, diisi sambutan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh, Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin, serta khutbah wukuf yang disampaikan Naib Amirul Hajj KH Miftahul Akhyar. Dilanjutkan salat berjemaah dzuhur dan ashar dengan jamak qashar.

Setelah itu, prosesi wukuf atau puncak haji pun dimulai seluruh jemaah dari seluruh dunia. Momentum puncak haji itu pun menjadi saat tak ternilai bagi jemaah untuk merenung, dan memperbanyak zikir serta doa.

Sebelumnya, saat di Mekah, KH Miftahul Ahyar berpesan kepada jemaah haji Indonesia tentang hikmah haji. Menurutnya, wukuf bukan sekadar datang, duduk, dan diam di Arafah. “Tetapi merupakan proses perenungan diri untuk mengetahui hakikat siapa diri kita sesungguhnya,” ujarnya pada Rabu, 7 September 2016.

Untuk itu, ketulusan dan keikhlasan dalam melaksanakan ibadah haji menjadi faktor penting. Segala bentuk identitas yang menjadi pembeda satu dengan yang lain harus sudah dilepaskan saat niat berihram pada miqat.

Seusai berhaji pun harus ada perubahan yang signifikan dari yang kurang baik menjadi lebih baik.

Sementara itu, cuaca di Arafah cerah dengan suhu sekitar 42 derajat celsius. Jemaah sebagian besar berdiam diri di tenda setelah melaksanakan salat berjemaah subuh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s